iinaza

Pelepas penatku di dunia maya

ALL ABOUT POSYANDU….

Posted by iindepok pada April 19, 2008

 

                        Pengertian Posyandu adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga berencana

 

Tujuan penyelenggara Posyandu… 

  1. Menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu ( ibu Hamil, melahirkan dan nifas)
  2. Membudayakan NKKBS.
  3. Meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB Berta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  4. Berfungsi sebagai Wahana Gerakan Reproduksi Keluarga Sejahtera, Gerakan Ketahanan Keluarga dan Gerakan Ekonomi Keluarga Sejahtera.

 

Pengelola Posyandu.

1. Penanggungjawab umum : Kades/Lurah

2. Penggungjawab operasional : Tokoh Masyarakat

3. Ketua Pelaksana : Ketua Tim Penggerak PKK

4. Sekretaris : Ketua Pokja IV Kelurahan/desa

5. Pelaksana: Kader PKK, yang dibantu Petugas KB-Kes (Puskesmas).

             

Kegiatan Pokok Posyandu :

1. KIA

2. KB

3. lmunisasi.

4. Gizi.

5. Penggulangan Diare.

 

Pembentukan Posyandu.

a. Langkah – langkah pembentukan :

1)      Pertemuan lintas program dan lintas sektoral tingkat kecamatan.

2)     Survey mawas diri yang dilaksanakan oleh kader PKK di bawah bimbingan teknis unsur kesehatan dan KB .

3)     Musyawarah masyarakat desa membicarakan hasil survey mawas diri, sarana dan prasarana posyandu, biaya posyandu

4)     Pemilihan kader Posyandu.

5)     Pelatihan kader Posyandu.

6)     Pembinaan.

 

b. Kriteria pembentukan Pos syandu.

Pembentukan Posyandu sebaiknya tidak terlalu dekat dengan Puskesmas agar pendekatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat lebih tercapai sedangkan satu Posyandu melayani 100 balita.

c. Kriteria kader Posyandu :

1)      Dapat membaca dan menulis.

2)     Berjiwa sosial dan mau bekerja secara relawan.

3)     Mengetahui adat istiadat serta kebiasaan masyarakat.

4)     Mempunyai waktu yang cukup.

5)     Bertempat tinggal di wilayah Posyandu.

6)     Berpenampilan ramah dan simpatik.

7)     Diterima masyarakat setempat.

d. Pelaksanaan Kegiatan Posyandu.

1. Posyandu dilaksanakan sebulan sekali yang ditentukan oleh Kader, Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan serta petugas kesehatan dari Puskesmas, dilakukan pelayanan masyarakat dengan system 5 meja yaitu :

Meja I : Pendaftaran.

Meja II : Penimbangan

Meja III : Pengisian KMS

Meja IV : Penyuluhan perorangan berdasarkan KMS.

Meja V : Pelayanan KB & Kes :

·         Imunisasi

·         Pemberian vitamin A Dosis Tinggi berupa obat tetes ke mulut tiap bulan Februari dan Agustus.

·         Pembagian pil atau kondom

·         Pengobatan ringan.

·         Kosultasi KB-Kesehatan

 

Petugas pada Meja I s/d IV dilaksanakan oleh kader PKK sedangkan Meja V merupakan meja pelayanan paramedis (Jurim, Bindes, perawat dan petugas KB).

      2.  Sasaran Posyandu :

·         Bayi/Balita.

·         Ibu hamil/ibu menyusui.

·         WUS dan PUS.

a.       Peserta Posyandu mendapat pelayanan meliputi :

1)      Kesehatan ibu dan anak :

·         Pemberian pil tambah darah (ibu hamil)

·         Pemberian vitamin A dosis tinggi ( bulan vitamin A pada bulan Februarii dan Agustus)

·         PMT

·         Imunisasi.

·         Penimbangan balita rutin perbulan sebagai pemantau kesehatan balita melalui pertambahan berat badan setiap bulan. Keberhasilan program terlihat melalui grafik pada kartu KMS setiap bulan.

 

1)      Keluarga berencana, pembagian Pil KB dan Kondom.

2)     Pemberian Oralit dan pengobatan.

3)     Penyuluhan kesehatan lingkungan dan penyuluhan pribadi sesuai permasalahan dilaksanakan oleh kader PKK melalui meja IV dengan materi dasar dari KMS baita dan ibu hamil. Keberhasilan Posyandu tergambar melalui cakupan SKDN

S : Semua baita diwilayah kerja Posyandu.

K : Semua balita yang memiliki KMS.

D : Balita yang ditimbang.

N : Balita yang naik berat badannya.

Keberhasilan Posyandu berdasarkan :

1 ) D / S : baik/kurangnya peran serta masyarakat

 

2) N / D : Berhasil tidaknyaProgram posyandu

 

Petugas pada Meja I s/d IV dilaksanakan oleh Kader PKK sedangkan meja V merupakan meja pelayanan para medis (Jurim, Bindes, Perawat clan Petugas KB)

f. Dana.

Dana pelaksanaan Posyandu berasal dari swadaya masyarakat melalui gotong royong dengan kegiatan jimpitan beras dan hasil potensi desa lainnya serta sumbangan dari donatur yang tidak mengikat yang dihimpunan melalui kegiatan Dana Sehat.

 

SISTEM INFORMASI POSYANDU (SIP)

Sistem informasi Posyandu adalah rangkaian kegiatan untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan secara tepat guna dan tepat waktu bagi pengelola Posyandu. OLeh sebab itu Sistem Informasi Posyandu merupakan bagian penting dari pembinaan Posyandu secara keseluruhan. Konkritnya, pembinaan akan lebih terarah apabila di dasarkan pada informasi yang lengkap, akurat dan aktual. Dengan kata lain pembinaan merupakan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi karena didasarkan pada informasi yang tepat, baik dalam lingkup terbatas maupun lingkup yang lebih luas.

Mekanisme Operasional SIP :

1)      Pemerintah Desa/kelurahan bertanggung jawab atas tersediannya data dan informasi Posyandu.

2)     Pengumpul data dan informasi adalah Tim Penggerak PKK dengan menggunakan instrumen :

  1. Catatan ibu hamil, kelahiran /kematian dan nifas oleh ketua kelompok   Dasa Wisma (kader PKK) .
  2. Register bayi dalam wilayah kerja Posyandu bulan Januari s/d Desember.
  3. Register anak balita dalam wilayah kerja Posyandu bulan Januari s/d Desember.
  4. Register WUS- PUS alam wilayah ketiga Posyandu bulan Januari s/d Desember.
  5. Register Ibu hamil dalam wilayah kerja Posyandu bulan Januari s/d Desember.
  6. Data pengunjung petugas Posyandu, kelahiran dan kematian bayi dan kematian ibu hamil melahirkan dan nifas.
  7. Data hasil kegiatan Posyandu.

 

Catatan :

  1. Instrumen/format SIP diatas oleh kader Posyandu dengan bimbingan teknis dari petugas kesehatan/PLKB
  2. Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan bertanggungjawab dalam hal :

a.       Menghimpun data dan informasi dari seluruh Posyandu yang ada dalam wilayah desa/kelurahan.

b.      Menyimpulkan seluruh data dan informasi.

c.       Menyusun data dan informasi sebagai bahan pertemuan ditingkat kecamatan (Rakorbang).

  1. Puskesmas, PPLKB, Kaurbang mengambil data dari desa untuk dianalisis dan kemudian menjadi bahan rakor Posyandu di tingkat kecamatan.
  2. Hasil analisis digunakan sebagai bahan menyusunan rencana pembinaan. Masalah-masalah yang dapat diatasi oleh Pemerintah Tingkat Kecamatan segera diambil langkah pemecahannya sedangkan yang tidak dapat dipecahkan dilaporkan ke tingkat Kabupaten/Kotamadya sebagai bahan Rakorbang Tingkat ll.

 

STRATA POSYANDU dikelompokkan menjadi 4 :

            1. Posyandu Pratama  :

            • belum mantap.

            • kegiatan belum rutin.

            • kader terbatas.

            2. Posyandu Madya  :

            • kegiatan lebih teratur

            • Jumlah kader 5 orang

            3. Posyandu Purnama  :

            • kegiatan sudah teratur.

            • cakupan program/kegiatannya baik.

            • jumlah kader 5 orang

            • mempunyai program tambahan

4. Posyandu Mandiri  :

            • kegiatan secara terahir dan mantap

            • cakupan program/kegiatan baik.

            • memiliki Dana Sehat dan JPKM yang mantap.

 

Dari konsep diatas, dapat disimpulkan beberapa indikator sebagai penentu jenjang antar strata Posyandu adalah :

1.       Jumlah buka Posyandu pertahun.

2.      Jumlah kader yang bertugas.

3.      Cakupan kegiatan.

4.      Program tambahan.

5.      Dana sehat/JPKM.

 

Posyandu akan mencapai strata Posyandu Mandiri sangat tergantung kepada kemampuan, keterampilan diiringi rasa memiliki serta tanggungjawab kader PKK, LPM sebagai pengelola dan masyarakat sebagai pemakai dari pendukung Posyandu.

 

PEMBINAAN KFSEJAHTERAAN KELUARGA

PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggerakan untuk membangun keluarga sebagai unit atau kelompok terkecil dalam masyarakat dan bertujuan membantu pemerintah untuk ikut serta memperbaiki dan membina tata kehidupan dan penghidupan keluarga yang dijiwai oleh Pancasila menuju terwujudnya keluarga yang dapat menikmati keselamatan, ketenangan dan ketentraman hidup lahir dan bathin (keluarga sejahtera).

susunan kepengurusan PKK sebagai berikut :

            • Ketua, Wakil Ketua

            • Sekretaris, Wakil Sekretaris.

            • Bendara Wakil Bendahara

            • Ketua Pokja I dan anggota

            • Ketua Pokja II dan anggota.

            • Ketua Pokja III dan anggota.

            • Ketua Pokja IV dan anggota.

Sebagai Ketua disemua tingkatan dijabat secara funsional oleh istri Kepala Pemerintahan Daerah setempat sampai ke tingkat Desa/Kelurahan sedangkan yang menjadi Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara clan anggota adalah dari tokoh masyarakat setempat.

 

Program P.K.K.

Tim Penggerak PKK memiliki 10 program pokok PKK sebagai berikut :

            1. Penghayatan dan l Pengamanan Pancasila.

            2. Gotong royong

            3. Pangan

            4. Sandang.

            5. Perumahan dan tatalaksana rumah tangga.

            6. Pendidikan dan keterampilan

            7. Kesehatan.

            8. Pengembangan kehidupan berkoperasi.

            9. Kelestarian lingkungan hidup.

            10. Perencanaan sehat.

 

Program tersebut bukan urut-urutan tetapi program yang satu terkait dengan program yang lain dan setiap program dapat berkembang sesuai kemajuan perkembangan pembangunan daerah setempat sehingga 10 program pokok dapat menjadi berbagai kegiatan.

4. Sepuluh (10) program pokok PKK tertuang ke dalam 4 (empat) kelompok kerja (Pokja) yaitu :

            1. Kelompok kerja I (Pokja I) membidangi :

            • Penghayatan Pengamalan Pancasila

            • Gotong royong.

            2. Kelompok Kerja (Pokja II) membidangi

            • Pendidikan dan keterampilan.

            • Pengembangan kehidupan berkoperasi.

            3. Kelompok Kerja (Pokja I) membidangi :

            • Sandang

            • Pangan

            • Perumahan dan tatalaksana rumah tangga.

            4. Kelompok KerjaIV (Pokja IV) membidangi :

            Kesehatan.

            • Kelestarian lingkungan hidup.

            • Perencanaan sehat.

Secara khusus Kelompok Kerja IV (Pokja IV) yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan posyandu bersama dengan kader PKK khusus Posyandu serta LPM. Disamping adanya Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan terdapat pula kelompok PKK didusun/lingkungan dan kelompok Dasa Wisma terdiri dari 10 s/d 20 Kepala Keluarga yang ketuanya diangkat dari salah seorang dari 10 atau 20 KK tersebut yang bertugas dalam melaksanakan dan membina kegiatan program Pokok PKK dan pengembangannya dicatat dalam 3 (tiga) buku catatan ketua Kelompok Dasa Wisma yaitu :

 

            1. Buku catatan keluarga mencatat data keluarga secara lengkap.

            2. Buku catatan kegiatan keluarga mencatat kegiatan kehidupan keluarga.

            3. Buku catatan kelahiran dan kamatian bayi, ibu hamil, ibu meneteki (buteki) dan ibu nifas.

 

Ketiga buku catalan kelompok Dasa Wisma merupakan salah satu format SIP.


 

About these ads

92 Tanggapan to “ALL ABOUT POSYANDU….”

  1. Meilan said

    thanks buat infonya dok, kalau bisa ditambahkan/dicantumkan Referensinya

  2. iindepok said

    @Meilan
    Sama sama..
    Thanks Sarannya. Referensinya dari berbagai sumber.

  3. Budi Windarta said

    Saya salut masih ada dokter yg masih perhatian sama posyandu, informasi yg lain sangat kami tunggu dok, terutama penerapan kerja posyandu yg bervariasi di masing-masih daerah namun prinsipnya ya tetap 5 meja.

  4. Daniel Singarimbun said

    Thanks bgt infonya sangat berarti.
    Buat bhn presentasi, saya ckp terbantu

  5. Dini Guslowati said

    Wah,,
    senangnya bisa ketemu dengan blog ini…
    ternyata yg menulis adalah seorang dokter..
    salut untuk dokter yang juga peduli dengan program ‘kesehatan masyarakat’..

    Perkenalkan saya Dini, lulusan fakultas kesehatan masyarakat..
    saat ini saya bekerja disebuah perusahaan swasta yang juga memiliki kepedulian terhadap peningkatan kesehatan masyarakat diwilayah lokasi kantor kami berada..

    Saya sudah melatih beberapa kader posyandu di wilayah kecamatan pasar minggu..
    sebagai lesson learned, saya melihat bahwa sebenarnya para kader posyandu blm mendapatkan pendampingan yg optimal dari kader-kader pkk atau lebih dikenal dengan sebutan POKJA yang merupakan pengurus atau pengelola kegiatan posyandu di tingkat kelurahan/desa.

    Oleh karena itu, jikalau dokter berkenan untuk memberikan masukan kepada saya kira-2 pembinaan apa yang dapat diberikan untuk kader-kader pkk tersebut?apakah materi yg diberikan juga sama dengan materi yg diberikan kepada kader-kader posyandu?

    Sebagai informasi, materi yg saya berikan untuk kader-kader posyandu adalah mencakup sistem 5 meja, teknik memberikan konseling (sekalipun saya merasa blm optimal melakukannya, krn ketrampilan memberikan konseling menuntut keberanian dan kepercayaan diri dari seorang kader utk mau melakukannya), dan bberapa hal lain yg terkait dgn pola makan balita.

    Mohon masukkannya ya dok…

    Salam,

    Dini

  6. iindepok said

    @Budi Windarta
    Terimakasih Pak,atas kunjungannya ke blog saya.. Mau nggak mau memang saya harus selalu membina dan membina posyandu, karena Posyandu salah satu kepanjangan tangan puskesmas.Selama ini penerapannya msh jarang sekali yg sdh 5 Meja. Tentunya hal itu juga sangat tergantung pada pendidikan para kader posyandunya. Oleh karena itu pelatihan & penyegaran kader hrs selalu dilakukan.

    @Daniel Singarimbun
    Terimakasih juga atas kunjungannya.
    Senang sekali bisa membantu

    @Dini Guslowati
    Terimakasih atas sharingnya..
    Berdasarkan pengalaman, Kader2 yg ada di Posyandu biasanya jg aktif di PKK, dg kata lain orangnya itu2 jg. Kalo menurut saya pembinaan utk PKK hrs melibatkan sektor lain jg, tdk hanya masalah kesehatan. Karena yg dinamakan Posyandu sebenarnya adalah perpaduan antara berbagai bidang (kesehatan,pendidikan, ekonomi,agama,sosial,dll).Mereka jg hrs dibina mengenai Budidaya tanaman Hias,TOGA,PAUD,KB,Lansia,Pengolahan Bahan makanan sederhana,P3K,Kesling, dan yg tidak kalah penting adalah pengadministrasian Posyandu atau yg lbh dikenal dg sebutan SIP (Sistem Informasi Posyandu dan Balok SKDN). Itu hanya beberapa contoh saja. materi2 yg lain mungkin disesuaikan dg kondisi lingkungan dan masyarakatnya.

  7. indah said

    assalamu’alaikum.dok,mohon izin copy untuk keperluan PBL ya.terima kasih.

  8. Jihad said

    Dok, aku boleh kutip utk bahan diskusi ya.

  9. piath said

    Thanks bgt dok infonya. pustakanya dr mana dok?

  10. blognya ok…maen2 ke http://www.ukbmlampung.blogspot.com

  11. asmiyati said

    dok, aku mohon ijin meng-copy ya. Terima kasih infonya sangat berguna.

  12. Hery Firdaus said

    thanks ya dok infonya ..sangat membantu untuk diskusi saya besok..

  13. grosirpakaiananak said

    Salam bu..
    Bu, ada gambar grafik pertumbuhan si kecil yang lancar gak? Mau tak pajang di web ku bu buat pengetahuan ibu2 yang lainnya juga. thanks

  14. minerva akbid said

    mohon ijin copy buat tugas IKM y dok…thx

  15. Ade Irwan Afandi said

    jazakalloh khoir…mdh2 dengan menyebarluaskan infrmsi spt ini, kian menambah keilmuan…

  16. REZA NURHAKIM said

    KOK DI WEB G ADA LOGO POSYANDU SIH BU???
    SAYA CARI SAMPE ASEM…

  17. mella shofa said

    ass. dok, mohon penjelasannya tentang survey mawas diri yang dilakukan PKK itu gambarannya seperti apa. terima kasih wass.

  18. ISMULAT RAHMAWATI said

    salut untuk dokter…mohon ijin tuk meng copy..

  19. dwi said

    asalamu alaikum.. met pagi dok.. saya mau menyelesaikan tugas akhir saya ngambil judul STUDI PENGETAHUAN KADER TENTANG POSYANDU. kebetulan di tempat tu msih bayak yg pratama. padahal jmlah buka posyandu 12 kali per thn.jumlah kader jg 5. knp kok masih pratama. mohon bantuannya

  20. anggun said

    aslm, dok,, mw nanya kan ad D/S N/D . nah klu K/S mknanya ap?? mengindikasikan ap,,
    terima kasih,,,

  21. iindepok said

    @ Anggun : K/S maksudnya Jumlah balita yang mempunyai KMS dibagi jml balita sasaran yg ada di wilayah posyandu. Mengindikasikan cakupan bayi yang tercatat dan terpantau status gizinya di posyandu

  22. iindepok said

    @ Dwi : Mungkin karena jumlah kader yang ada 5 tapi tdk semuanya aktif, artinya pada waktu buka posyandu tdk semua kader datang.

  23. iindepok said

    @ Mella :Waalaikum salam…Dalam survey mawas diri itu diadakan pertemuan yang isinya mencari masalah2 kesehatan yang sedang timbul dan berpotensi timbul di masyarakat, kemudian juga dibahas alternatip2 permasalahannya..

  24. iindepok said

    @Reza : wah, saya jg ga tau logo posyandu itu seperti apa, nanti coba saya cari..

  25. iindepok said

    @Ade: Sama sama…Amin amin amin…

  26. iindepok said

    @minerva : Silakan semoga bermanfaat

  27. antin rokhayani said

    thanks banget atas infonya.tolong para kader terus dibina & diberi support, karena jasanya sangat bermanfaat.semoga amal baiknya mendapat pahala yg. setimpal. amin…..

  28. Tyas Wening said

    makasih banget. Info2nya bisa jadi bekal buat maju lomba.

  29. andund said

    assalamu’alaikum wr . wb .

    salam kenal , bu .
    ^^

    saya ingin bertanya ,
    apa benar posyandu skrg digantikan oleh lembaga sosial posdaya?
    karena di kota tempat saya tinggal sudah sangat sulit untuk menemukan posyandu .

    terima kasih sebelumnya .

  30. andund said

    assalamu’alaikum wr . wb .

    salam kenal , bu .
    ^^

    saya ingin tanya ,
    apa benar posyandu skrg digantikan oleh lembaga sosial posdaya?
    karena di kota tempat saya tinggal sudah sangat sulit untuk menemukan posyandu .

    terima kasih sebelumnya .

  31. Artikelnya bagus sekali Dok…minta ijin mengcopy untuk Kami tampilkan di Blog Puskesmas yg kami kelola…wassalam

  32. uda said

    trims!moga sukses,slam buat keluarganya

  33. habibah said

    bu dokter, makasih infonya. saya pakai referensi tgs akhir yah.
    pokok’e makasih banget wes.

  34. rini said

    dok, matursuwun ya.. aku ikut co-pas nih :)

  35. iindepok said

    Sama2 semoga bermanfaat…

  36. Kunthi said

    Trimksh ats infony y dok. Mau tany? Biasny di posyndu it ad mslh ap? Ap jadwl pembrian vit a it mempengaruhi jumlh kunjungan? Trus sebabny ap?

    <em>@kunthi : Biasanya cuma masalah D/S yg blm mencapai target karena partisipasi masy utk menimbangkan bayi dan balitanya kurang. Dan biasanya memang pada bulan2 pembagian vit A kunjungan meningkat.Karena masyarakat sdh banyak yg tahu bahwa vit A sangat penting untuk kesehatan anaknya, dan merasa kalau tdk datang ke posyandu tidak akan dikasih. Selain itu masalah meja 4 (penyuluhan) sering tidak berjalan karena SDM Kader yg belum dilatih dan tingkat pendidikan kader yg kurang.

  37. aydi said

    terima ksh dokter ats perhatiannya terhadap posyandu,
    perkenalkan saya seorang bidan desa di kota kecil situbondo yg mana SDM msh sgt kurang dan pendanaan untuk posyandu sendiri sya rasa sangat kurang terutama untuk pemberian PMT sekitar 10.000-25.000/bln/posyandu dan Transprort kader @3000/kader dr dana ADD.

    saya ingin mengusahakn tambahan dana untuk posyandu , mungkin dokter punya saran?
    terima kasih sebelumnya……..

    @Aiydi : terimakasih atas koment nya.. mengenai pandanaan posyandu sebenarnya tergantung pada dinas terkait setempat dalam mengajukan anggarannya ( Dinkes atau kalau di depok PPKB). Mungkin ibu bisa mengusulkan hal tersebut melalui PKK juga. Karena Posyandu itu bukan hanya miliknya kesehatan tetapi meliputi Kelurahan, PKK, KB, Puskesmas. Jadi melalui petugas2 lapangan dari OPD maupun Ormas tersebut ibu bisa mengusulaknnya.. Demikian Semoga bermanfaat

  38. AlQadhry Arturo (makassar) said

    Alhamdulillah…
    Dgn adax artikel ini.,,, tgasku bsa selesai… Thank’s nagh !!!

  39. Bima Barus said

    Salam, sya seorang dokter di salah satu Puskesmas di Sumatera Utara, yang sering menjadi permasalahan di Posyandu adalah anggapan masyarakat bahwa posyandu = imunisasi sehingga begitu selesai jadwal penyuntikan imunisasi Campak (pada usia 9 bulan) para orangtua enggan membawa balitanya ke posyndu untuk penimbangan (kecuali mereka tahu ada pembagian makanan tambahan atau Vit.A). Permasalan kedua ialah anggapan bahwa Posyandu = Kesehatan, sehingga kalau petugas kesehatan tidak datang, posyandu bubar, padahal sejatinya posyandu bukan program Depkes semata. Btw, tk atas informasinya, TKSS.

  40. himawan said

    Ass TS,Wah… sungguh informasi ttg posyandu diatas sangat bermanfaat terutama spt kami yg tgs didaerah terpencil Kal-Sel.Apabila berkenan, Sy mhn tambahan informasi tentang Posyandu Lansia. oiya sekalian contoh KMS Lansianya ya dok,Trims
    Wassallam

  41. endah s said

    ass.wr.wb
    Tk info tentang posyandu ini, cukup buat bekal saya, sebagai ketua kelompok PKK yang baru sebulan, yang mencakup kurang lebih 180 KK.Di lingkungan saya, Balita yang terdaftar baru mencapai kurang lebih 90 balita.Setahun terakhit ini merintis penimbangan sendiri, selebihnya kalau ada imunisasi masih tergabung di Blok perumahan tetangga.Permasalahannya, harapan ibu2 terhadap posyandu terlalu berlebihan, mengingat kondisi kami “masih merintis”
    Pertanyaan saya, “apakah mutlak minimal 100 balita, agar mendapatkan fasilitas pelayanan/penyuluhan bidan/petugas kesehatan,imunisasi,mengingat para orang tua Balita agak keberatan menimbangkan anaknya ke blok sebelah yang lumayan luas kawasannya??
    Sekian, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih

  42. damayanti said

    Asalamualaikm, trims dok tulisannya,saya kader posyandu jg merangkap pkk kel Megamendung dengan adanya tulisan dokter banyak membantu saya dalam menjalankan posyandu di daerah kami,adapun permasalahan yang ada bila bayi sesudah imunisasi lengkap si orang tua jarang sekali membawa anaknya datang ke pos yandu dengan alasan sudah lengkap imunisasinya tp klu pun datang biasanya berbarengan orang tuanya mau ber KB,padahal saya selalu menganjurkan utk membawa anknya k posyandu.Bagaimana solusinya ya dok? Dan mohon izin untuk mengcopy.Makasih ya dok…

  43. dewi said

    ibu, minta info tentang strata posyandu antara posyandu lansia dan balita ada perbedaan atau tidak?kalo punya filenya, mohon kirim ke e-mail saya.terimakasih.

  44. Abi said

    Trm ksh infonya…bermanfaat sekali, terus berkarya.

  45. nenden rahmawati said

    aslm…sy seorang bidan desa yang langsung terjun ke posyandu,yang paling sulit adalah menggugah masyarakat untuk datang ke posyandu khususnya di daerah yang tanggung (kota bukan desa bukan)<bagai mana caranya? mohon masukannya<trims

  46. osin said

    dok.. saya mau tanya apa artinya D/S dan N/S.
    thanks dok

    @osin : D/S : Jumlah balita yang datang ke posyandu per balita sasaran yg ada di wil kerja posyandu tsb.. N/D : jumlah balita yang naik berat badannya per balita yang ditimbang di posyandu bulan itu..

  47. yulmi hafsyah said

    thanks bgt yah dok,… atas artikelnya
    mohon izin untuk sya copy sbgai tgs akhir..
    smoga sukses slalu..
    ditunggu artikel seru yang lainnya,

    @yulmi : silahkan. Sama2…

  48. Ari hartana said

    dok, aku mo cari data posyandu kota bandung. tapi aku dah googling kemana-mana gak ketemu. Apa emang database posyandu ga ada. Mohon bantuannya dong walaupun dokter di depok. klu dah ada tolong email ke kami ya. thx sebelumnya

    @Ari : Saat ini mungkin memang belum ada data basenya.. harusnya dinkes kab/kota yang mendatanya.. coba nanti saya usulkan

  49. satori said

    materi sangat bagus, semoga posyandu menjadi sarana yang efektif untuk memperdayakan masyarakat untuk mendukung meningkatkan kualitas SDM Bangsa Indonesia. Apa yang kita lakukan di posyandu, suatu saat kita akan menunai hasilnya. Amin

    @satori : terimakasih.. Semoga.. Amiin

  50. shanti said

    dokter, trims infonya, saya minta izin mengcopy ya.

    @santi : silakan smoga bermanfaat

  51. Zamroni said

    Bu, bisa tolong bantu cari data-data yang diperlukan/didokumentasikan di posyandu? saya kesulitan mencarinya, sudah googling berhari-hari tidak ketemu. Kalau sudah ketemu. tolong kirimkan ke E-mail saya zamroni_a_xiiam3@yahoo.co.id. Saya mohon bantuan untuk membuat software, demi kemajuan bangsa... Amin
  52. Zamroni said

    Bu, bisa tolong bantu cari data-data yang diperlukan/didokumentasikan di posyandu? saya kesulitan mencarinya, sudah googling berhari-hari tidak ketemu. Kalau sudah ketemu. tolong kirimkan ke E-mail saya zamroni_a_xiiam3@yahoo.co.id. Saya mohon bantuan untuk membuat software, demi kemajuan bangsa… Amin

    @zamroni : semua ada di buku SIP (sistem Informasi Posyandu) tapi saya tdk punya soft copynya, disitu ada 7 format yang harus diisi

  53. Lies Indrawati B said

    Salam Hormat,

    Bu to the point aja yach saya adalah petugas pos yandu di daerah Bojong, Bogor, sudah sejak dari tahun 1998 saya dan teman teman bertugas memberikan pelayanan terhadap ibu dan bayi disekitar kompleks perumahan kami sehingga kecintaan kami terus bertambah dan bertambah hingga para kader yang sudah bertugas silih berganti sudah menjadi seperti memiliki (terutama saya dan dua orang yang hingga kini masih bertugas).

    Dalam hal ini pertannyaan kami adalah
    1. Apakah organisasi RW ( peranan wanita / KDPW) di lingkungan kami dapat mengganti kami semaunnya sendiri?
    2. Bagaimanakah struktur organisasi Posyandu dalam lingkup ke RW -an dilingkungan kami.
    3. Apakah unsur dari ke RW-an (KDPW) dapat / bisa memecat kader Posyandu yang sudah lama bertugas.

    Demikian Bu pertannyaan saya mohon segera di jawab, sudah 12 th kami bertugas kami hanya ingin bila kami di berhentikan sebaiknnya kami diberhentikan dalam keadaan yang terhormat, tidak seperti sekarang ini kami di berhentikan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya

    Hormat Kami

    Posyandu
    Komp Perum Dep Perdagangan
    BojongBaru, Bojong Gede, Bogor

  54. novi said

    thx infox, bermanfaat sekali buat tugas kul.

  55. zahra said

    bu, lengkap sekali datanya,kalo boleh tahu dapat sumbernya dari mana ya? apa bisa dijadikan panduan resmi untuk disebar luaskan lagi

  56. ributms said

    trimakasih infonya dok, pas aku mau belajar tentang POSYANDU. smoga bermanfaat bagi tumbuh kembang anak2 generasi kita. amiin

  57. Hetti said

    assalamualaikum,
    pertamanya salam kenal ya dok,
    terimakasih sekali atas postingannya, sangat bermanfaat. kebetulan saya memang sedang mencari materi ttg posyandu. namun, kalo boleh saya request, boleh minta daftar pustakanya?
    mohon kiranya dokter berkenan memberikan daftar pustakanya dg membalas komen ini di blog saya, atau email saya…

    regards,
    -hetti-

  58. lastine said

    Ass WR Wb
    wah susuanan ttg posyandunya sistimatis cepat dimengerti

  59. lastine said

    mohon ijinnya untuk mengkofi ya, sebagai bahan saya untuk kunjungan ke posyandu terima kasih

  60. Roswitha said

    Makasih dok buat infox, sangat bermanfaat….
    Posyandu masih dianggap sebagai ruang perempuan padahal tanggung jawab kesehatan keluarga seharusnya berada di pundak suami dan istri, bukan cm istri.
    saat ini kami sedang inisiasi posyandu plus yang kami sebut posyandu setara, dimana kami berupaya agar semua komponen masy termasuk orang muda dan laki-laki dapat ikut terlibat dalam aktifitas posyandu, baik sebagai kader maupun pengunjung posyandu.

    kami melakukan uji coba di 1 kel di kota kupang dan pada minggu ke3 bln ini kami akan melakukan pelatihan bagi kader posyandu khusus laki-laki dan juga orang muda….

  61. kh said

    saya kader psyd dan psbindu saya berterimakasih atas perhatian semua pihak yg peduli terhadap posyandu. saya ingin lebih meningkatkan lagi pelayanan terhadap masyarakat,tapi pengetahuan saya sangat minim,untuk itu saya sangat memerlukan informasi yang lebih banyak,

  62. tnt said

    Thanks dok… makalah ini bagus untuk kami yang ada di pedalaman papua mudah-mudahan akan lebih mudah mensosialisasikannya untuk warga kami di teluk bintuni…mohon suport dan info selanjutnya..

  63. Karina said

    Subhanallah, smoga ilmu bu dokter slalu barokah. Amin. Salam Pjuang Kesehatan!

  64. aldi sutrisno said

    trima kasih ya dok…… tulisan anda sangat membatu diskusi saya…

  65. verawati astuti said

    assaamualaikum. wr.wb
    mksih bwt infonya dok. saya mahasiswa kepaerawatan yg akan melakukan observasi d posyandu, dg adanya tulisan ini banyak membantu saya.

  66. dd_yanys@ymail.com said

    assalamualaikum dok..

    terima kasih yah buat infonya…..
    kebetulan saya sedang cari info ini… ^^

    betul itu qlo bisa dicantumkan referensinya…

  67. warno said

    Ass wr wb
    Dokter, terima kasih informasinya dan mohon ijin copy buat bahan pengembangan posyandu di desa

  68. khairun nida said

    Asw. dok, minta izin copy tuk bahan pemberi motivasi di kelurahan saya….

  69. parik said

    THE WORD “POSYANDU” STANDS FOR??

  70. gina dijah pitaloka said

    Tks info yang bagus untuk pemula seperti saya

  71. Assalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Bu Dokter, terlebih dahulu tolong sampaikan Salam saya buat Bapak dan Salam Manis buat kedua putra Ibu yang ganteng-ganteng;
    Bahagia sekali saya dapat menemukan blog Ibu, terutama postingan Ibu mengenai Posyandu dan PKK ini, saya mohon izin untuk mengcopynya guna bahan pengetahuan saya sebagai Pengurus RW, boleh ya Bu Dokter.
    Oh iya Bu, dengan sangat dan hormat kami menantikan kunjungan dan postingan Ibu di blog kami : http:/baniarief.wordpress.com atau http://RW19M.blogspot.com
    Terima kasih, wassalamu`alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  72. hadjijah said

    makasih dok atas perhatiaanya buat posyandu.saya ibu hadjijah taesa,ketua Pkk kelurahan waisai kab raja ampat papua barat.
    jaman skarang mana ada dokter yg mw sempatkan diri ngurus posyandu,makasih ya. kami mgharap saran dan masukan dari ibu dok utk kemajuan posyndu (kesehatan ) di negri ini.

  73. Monida Osni, SKM said

    Assalamualaikum, dokter saya baru membaca informasi tentang posyandu materi posyandu yang dokter paparkan dan saya sangat berterima kasih sekali, namun ada yang harus kita perbaiki tentang istilah 5 meja, kalau saya ndak salah istilah 5 meja itu tidak dipakai lagi yang ada sekarang adalah istilah 5 langkah, yang kegiatan nya memang kegiatan 5 meja….kemudian untuk menentukan tingkat perkembangan posyandu, salah satunya adalah jumlah kader itu lebih dari 3 (tiga), mohon saran selanjutnya…..

  74. Suyono said

    Assalamu’alaikum Wr.wb.
    Salam kenal dari Masyon di Cilegon. Saya kebetulan salah satu pengurus RT, namun baru tahu soal seluk beluk Posyandu.Mohon ijin untuk Copy paste untuk print out. Terima kasih sebelumnya, semoga Ilmu yang ibu Dokter sebarluaskan menjadi amal ibadah yang diridhoi Allah SWT… Amin.

  75. nur anisah said

    bu,, saya mau dunk kms lansia terbaru soalnya saya cari tidak ada,, saya mau membuat posyandu lansia di RW 03 kel sumur batu kec. kemayoran..
    saya membutuhkannya..

  76. edy kayong said

    trimz artikel posyandunya,,,banget buat referensi..salut dan apresiasi bgt u seorg dokter yg sgt memperhatikn posyandu ditengah trbatasx wkt d ks4an moga truz mberikan manfaat.

  77. ismi nurmawati said

    assalamualaikum wr wb, sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada bu dokter atas artikelnya, karena sangat bermanfaat bagi saya.

    Ada yang ingin saya tanyakan ke bu dokter, Menurut bu dokter bagaimana cara mengembangkan posyandu yang ada di lokasi terpencil, dimana keadaannya masih sangat terbatas, kadernya belum terlatih dan masyarakatnya sangat heterogen agar posyandu yang ada disana dapat berjalan dengan baik. Terima kasih

  78. terimakasih buat infonya,, bagus banget buat referensi laporan saya dalam mata kuliah komunitas ^_^

  79. Rara-Batam said

    Dok.. mohon penjelasannya ttg persentase SKDN, saya sbg kader posyandu pemula masih bingung
    dlm pengertian saya
    Jumlah sasaran Balita yg ada diwilayah Posyandu ( S ) = Jumlah Balita yg ada di masing2 RT (update)
    sebelum hari H ( yg out dan yg In/baru) saya ada 8 RT
    Jumlah Balita yg terdaftar & mempunyai KMS ( K ) = Jumlah KMS yg kita terima waktu Hari H
    atau K=S
    Jumlah Balita yg ditimbang ( D ) = Jumlah Undangan yg kita terima waktu Hari H (undangan jng sampai hilang…
    Jumlah Balita yg Naik berat badannya bln ini (N)
    trimakasih Dok..

  80. amel said

    bu, apakah masyarakat umum boleh membuat posyandu mandiri? Apa syaratnya?

  81. utari said

    salam kenal bu…

    boleh dunk bagi informasinya…

    bagaimana teknis simulasi 5 meja posyandu yang biasa dilaksanakan pada pelatihan kader?
    mohon penjelasannya bu…

    terimakasih

  82. lala said

    Dok …..mohon infonya mengenai PMT. Sebenarnya PMT yang boleh dan gak boleh diberikan kepada balita itu apa aja sih ? soalnya ditempat saya kok dilarang memberi pisang hijau atau agar – agar. Jika dokter punya resep khusus untuk PMT bagi dong resepya ?

  83. Efi damayanti said

    Asl,,,dokter salam kenal.
    Makasiii u info posyandu n kader ini.

  84. cuncun muhlisoh said

    ass. dok, trims infonya.

  85. wuwuh said

    makasih dokter atas infonya, ak kader posyandu jadi tau banyak tentang pengelolaan dasar posyandu

  86. shinta said

    dok apa perbedaan posyandu dengan polindes////

  87. Mulyono said

    Trims

  88. kasmita said

    Saya senang sekali da[at informasi di blog ini, saya saat ini sedang menyusun disertasi tentang posyandu dan masih kebingungan sisi apa yang perlu peningkatan, dari sisi saya mulai tahu seperti apa kegiatan posyandu saat ini, bantu saya yah, untuk dapatkan penelitian lainnya tentang posyandu, makasih banyak dokter.

  89. Ramadhani said

    Saya ingin bertanya,sebenarnya posyandu itu bayar g ya,termasuk kb juga,.soal nya di botol injeksinya tertulis bacaan gratis.tlong mbk2 yang udah kader senior di balas ya! Trims

  90. Ramadhani said

    Asslm…dok saya mau tanya!apakah posyandu itu gratis dan BerKB Nya,sedang kan itu program pemerintah,masalah nya masih banyak posyandu didaerah terpencil di pungut biayanya,sehingga sangat dikit ibu2 yang mau posyandu!

  91. utari said

    seharusnya tidak dipungut biaya apapun, tetapi ada beberapa Posyandu yang menarik uang dari peserta Posyandu nya sebagai uang kas, yang bisa dijadikan modal untuk menjalankan Posyandu, biasanya hanya sebesar Rp 1000 atau Rp 2000

  92. Reny said

    bisa saya minta refensi buku asli/penerbit asli dari artikel diatas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: