iinaza

Pelepas penatku di dunia maya

MASJID KUBAH EMAS… Kebanggaan kah???

Posted by iindepok pada Februari 5, 2008

Di kota saya dikota Depok ada sebuah masjid besar yang sangat terkenal dengan keindahan dan kemegahannya. “Masjid Kubah Emas”, demikian orang-orang menyebutnya. Dulu waktu awal2 masjid itu dibuka untuk umum, orang-orang dari berbagai penjuru tanah airpun mulai berbondong bondong mengunjunginya. Mereka kebanyakan datang berombongan dengan mengendarai bis yang lebarnya hampir sama dengan lebar jalan raya di kota Depok. Tiap hari Sabtu dan Minggu akan terlihat pemandangan berupa bis besar2 yang berbaris rapi di sepanjang jalan raya sawangan menuju Meruyung ke arah Cinere. Al hasil, jalan macet totall! Ditambah dengan kualitas jalan di depok yang sangat memprihatinkan dan sempit. Akibatnya setiap habis weekend jalan jalan bersama keluarga. Bukan pikiran dan badan jadi fresh tapi malah tambah stress karena uring uringan melalui jalan yang muacet.

Bangga kota depok jadi terkenal karena punya masjid yang mewah nan megah??

Tentu kalau  yang ditanya itu saya, saya akan menjawabnya dengan “enggak juga tuh..”

Saya memang orang islam, makanya saya tidak akan berbangga dengan segala bentuk kemewahan dan kemegahan yang berlebih lebihan walaupun itu untuk membangun sebuah masjid.Saya bukan orang yang paling tahu agama , tetapi secara naluriah saya bisa merasakan tidak “sreg” dengan membangun masjid yang besar dan megah di tengah –tengah masyarakat yang boleh dibilang “belum sejahtera”. Disekitar masjid itu masih banyak orang yang tidak tahu hari ini bisa makan apa tidak, masih banyak orang tua yang tidak mampu membelikan susu buat anaknya yang masih balita, masih banyak orang yang tidak bisa berobat dengan layak, masih banyak anak-anak yang putus sekolah, dan masih banyak indikator2 lainnya yang menunjukkan kalau masyarakat di sekitarnya masih banyak yang miskin. Lain ceritanya kalau masjid seperti itu dibangun di tengah masyarakat yang tingkat ekonominya sudah seperti masyarakat di sekitar masjidil Haram atau di Brunei Darussalam..

Menurut majalah Paras bulan Juni tahun 2007. Masjid Kubah Emas mempunyai 5 kubah yang dilapisi emas 18 karat setebal 3 mm. Kubah yang paling besar tingginya 25 meter dengan diameter di bagian bawah 16 m dan bagian tengah 20 m. Sedangkan 4 kubah yang mengelilinginya berdiameter 6 m di bagian bawah dan 7m di bagian tengah dengan tinggi masing2 10m. Bukan Cuma di kubahnya saja yang dilapisi emas, tapi ternyata di lampu kristal seberat 2,7 ton yang tergantung di bawah kubah pun juga berlapis emas. Pula di mahkota pilar, aksesoris dekoratif mimbar imam dan reling2 &pengaman yang menuju mezanin. Belum lagi materialnya yang berupa batu marmer yang khususdi datangkan dari Turki.

Sebenarnya, menurut saya seandainya masjid itu dibangun tanpa berlapis emaspun, tidak akan mengurangi keindahan dan kewibawaannya, karena dari segi arsitekturnya yang luar biasa indah pun orang2 sudah akan berdecak kagum melihatnya.

Saya akan sangat bangga pada Pemilik masjid itu, yaitu ibu Hj.Dian Al Mahri bila uang bermilyar milyar yang digunakan untuk melapisi emas dan membeli batu marmer dari Turki itu digunakan untuk memberi makan ribuan fakir miskin, membuat banyak panti asuhan yang bisa menampung ribuan anak yatim piatu, menyekolahkan ribuan anak anak putus sekolah, dan membangun banyak masjid2 yang sederhana di pelosok2 tanah air yang belum semua terdapat masjid.

Terakhir, saya tidak bemaksud untuk mengolok olok ataupun menjelek jelekkan masji kubah emas, akan tetapi saya hanya berandai andai sandainya uang sebanyak itu dimanfaatkan untuk banyak manfaat….

Oh Seandainya….

3 Tanggapan to “MASJID KUBAH EMAS… Kebanggaan kah???”

  1. oRiDo said

    setuju banget…
    gak perlu kita berbangga-bangga dengan segala jenis kemewahan..
    yang terpenting adalah bagaimana kita menampilkan citra *diri* yang dapat menjadi panutan dan berguna bagi orang lain…

  2. Ktut said

    Iin,…
    welcome to blogger world…🙂
    Kangen juga nih denganmu…. please update terus informasi juga cerita-cerita keluarga ya…
    Kunjungi juga blog keluarga kami ya… http://thearsana.blogspot.com

    Salam
    Ktut

    Thanks Ktut…
    I miss U too Lho… Insya Allah disela2 kesibukanku selalu kusempatkan untuk ngeblog..
    Aku dah kunjungan balik ke blogmu tapi susah untuk menampilkan komentarnya. Maklum masih awam.he he

    Salam juga
    iin

  3. rara said

    semoga ketika tangan kanan ibu Hj Dian Al Mahri memberi (insya Allah lebih banyak jumlahnya) tidak diketahui oleh tangan kirinya….amieennn

    Amiin amiin amiiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: