iinaza

Pelepas penatku di dunia maya

Horeee… akhirnya Depok punya Rumah Sakit Daerah..!!

Posted by iindepok pada April 20, 2008

 

Fuihh…!!setelah sekian lama menunggu akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah Depok (RSUD Depok) yang berada di Jalan Raya Mochtar Sawangan Depok berdiri dan diresmikan hari kamis kemaren tanggal 17 April 2008. Dan akan mulai beroperasi hari jumat tanggal 18 April 2008.

Perlu diketahui bahwa RSUD Depok mulai dibangun pada awal tahun 2005 dan waktu itu akan direncanakan buka pada akhir tahun 2005. Tapi apa daya ternyata pembangunan dan persiapan tidak semulus yang dibayangkan. Berbagai hambatan muncul mulai dari dana, Perijinan, Perda sampai kesiapan karyawan baik Medis, paramedis maupun Administratif. Akan tetapi Usaha dan Harapan tidak akan pernah putus demi memenuhi kebutuhan masyarakat Depok akan adanya RSUD. Hingga akhirnya RSUD bisa berdiri dan beroperasi seperti sekarang ini.

Namun memang masih terdapat kekurangan disana sini, seperti Jumlah tenaga Medis maupun Paramedis yang masih terbatas (menurut KaDinkes dr. Mien Hartati RSUD masih membutuhkan sekitar 62 Bidan dan Perawat), Fasilitas yang belum lengkap (seperti belum adanya Genset dan peralatan Laboratorium yang masih sederhana), Jumlah Poli Spesialisasi yang masih terbatas (hanya ada Poli Jiwa, Obgyn, Interna, Bedah, Anak, Gigi & Mulut, dan Poli khusus Tuberkulosis).

RSUD Depok Hanya mempunyai 69 Tempat tidur untuk rawat Inap dan pelayanan hanya berupa kelas 2 dan kelas 3. Walaupun dengan jumlah tempat tidur yang terbatas setidaknya warga depok tidak akan kebingungan lagi apabila ada yang sakit dan membutuhkan rawat inap, terutama untuk warga yang menggunakan Askeskin maupun SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu). Karena Selama ini warga depok yang sakit dan membutuhkan rawat inap terutama yang menggunakan askeskin maupun SKTM harus jauh jauh pergi ke RS-RS di Jakarta maupun di Bogor. 

Disisi lain bedirinya RSUD Depok membuat ke27 Puskesmas yang ada di kota Depok kekurangan karyawan, karena banyak sekali karyawan yang dulu bertugas di puskesmas dipindah tugaskan ke RSUD. Karena memang Pemda belum mampu untuk menggaji apabila mau merekrut PNS lagi. Dengan perasaan yang ikhlas (kadang juga diikhlas-ikhlaskan sich…) kami yang masih di Puskesmas harus bekerja ekstra karena yang dulunya 1 karyawan hanya memegang 1 atau 2 program, kini harus memegang 3 atau 4 program. Wah, pokoknya bener2 semua karyawan Puskesmas jadi Superman Superwomen sekarang…!! Dan yang lebih Pusing lagi adalah Kepala Puskesmas, dimana dia harus bisa memenej karyawannya supaya program tetep jalan dengan karyawan yang nya’mit…(seuprit).

Tetapi seperti kata2 bijak ”Hidup harus selalu disyukuri”.. Pada akhirnya Kata kata yang terakhir terucap adalah ”Alhamdulillah” karena sebuah Kota kecil yang bernama Depok yang baru berumur 9 tahun sudah bisa membangun dan mendirikan sebuah RSUD. Sebuah Kemajuan yang patut diacungi jempol. Setidaknya Masyarakat terutama Masyarakat miskin akan lebih terpenuhi haknya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Harapan saya semoga Niatan yang baik ini selalu dibarengi dengan usaha keras dari semua kalangan. Sehingga terwujud Kota Depok yang melayani seperti yang sering didengungkan oleh Bapak Walikota Depok Ir. H. Nurmahmudi Ismail.

13 Tanggapan to “Horeee… akhirnya Depok punya Rumah Sakit Daerah..!!”

  1. […] Horeee? akhirnya Depok punya Rumah Sakit Daerah..!! […]

  2. Elias said

    Selamat buat kota depok, semoga dengan adanya RSUD Depok masyarakat setempat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
    sukses juga buat dokter

  3. Ktut said

    Iin, makasih ya udah mampir di blogku….
    Seneng bisa baca2 tulisan dr. Iin, klo bisa posting juga tentang anak2 ya biar rame🙂 Apalagi udah 2 wahhh… Sukses selalu ya In….
    Saya masih harus loncat sana loncat sini, hihi… bulan depan berangkat lagi ke Australia ikut Bli Andi sekolah…. kapan ki aku PTT hikkkk…. Ya emang sudah jadi pilihan dan keluarga no 1 ya In…. Tapi seneng aku bisa tetep kontak temen2, liat temen2 sukses. Melna residen anak udah hamil, Rudi masih di Ambon, Eny udah mo selese Obsgin… gimana kabar Listya, Danang ama Remi ya In?

    Keep in Touch ya
    Ktut

  4. iindepok said

    @Elias
    Wah dapat kunjungan Blogger senior nih..:)
    Terimakasih Pak atas doanya, Amin.

    @Ktut
    Sama-sama Tut, Lain kali deh aku postingin tentang anak2. Habisnya terlalu banyak yg akan ku ceritakan jadi malah bingung..:)
    Ga papa Tut, rejeki kan dah ada yang ngatur. Yang penting kita ini bisa jadi manusia yang bermanfaat.. baik itu buat orang tua kita, suami kita, anak2 kita maupun orang lain..
    Listya skr lg konsent ma Psikiatri dan tugas di RSJ Magelang.

  5. zulharman said

    Hello Bu dokter,
    Terimakasih atas kunjungannya. Ternyata banyak juga angkatan 97 yang buat blog ya. Kapan-kapan kita buat blog alumni FK97,(apa udah ada ya?).
    Wah kalo Depok aja RSU nya masih banyak yang perlu dibenahi, bagaimana dengan RSU di daerah yang jauh dari Jakarta?
    Sukses ya

  6. iindepok said

    @ Zulharman
    Sama sama pak Zul.Kayanya emang ngeblog dah jadi kebutuhan ya? monggo saja kalo mau merintis bikin blog Alumni FK 97, kayanya emang belon ada. Justru sepertinya kalo lokasi deket kota besar kadang malah agak tersisihkan lho..
    Sukses juga buat dr. Zulharman

  7. Ilham said

    RSUD depok..
    Walikota salah memilih direktur RS. terbukti banyaknya tenaga ahli specialis yang resign (keluar). RSUD sebetulnya bukanlah klinik 24 jam. Justru yang special dari RSUD adalah specialis yang ditangani. RSUD depok sebetulnya punya kans untuk lebih maju, cuman karena DEpok tidak memiliki pimpinan yang elegan dengan perbedaan, maka terjadilah keburukan di RSUD. Orang awam mungkin tidak tahu, tetapi kalo bagi pekerja, buruh, ujung tombak yang bekerja disitu akan merasakan effort yang kurang. Bahkan yang terjadi sekarang adalah pemecatan massal dengancara memfitnah tenaga dokter, perawat yang Gigih, memberikan masukan dianggap melawan.
    Direktur Rumah sakit sebaiknya diganti. Walikota sebaiknya memikir ulang Direktur RS.

  8. iindepok said

    @Ilham : Terimakasih atas masukannya, semoga bp. walikota dan ibu direktur RSUD membaca kritikan anda.. Amiin

  9. Viskha said

    Bu, di RSUD Depok sudah tersedia Endoskopi belum ya?karena saya coba cari belum ada webiste RSUD Depok.Adanya di RSUD Cibinong.Saya tinggal di Depok, kalau di RSUD Depok tersedia jd tdk perlu jauh2 ke Cibinong.Terima Kasih

  10. pandu said

    sesuatu yg besar dimulai dari yg kecil,semoga ke depan RS Depok lbh berkembang,sy seorang asisten dr.mata disalah satu RS Swasta besar ditangrang,kalau RSUD Depok mau maju,Pemda jgn hanya berfikir untung-rugi,tidak ada rumah sakit yg merugi!asal menejemennya bagus,memang..pd awal2berdiri RSUD harus susah payah,tapi kedepan kalau menejemennya bagus pasti balik modal,dgn syarat infrastruktur diperbaiki/dilengkapi,kualitas SDM ditingkatkan,dan yg paling penting PELAYANAN!selama ini semua orang juga tau yg namanya pelayanan diRSUD kurang profesional&seadanya,saya&mungkin jg tmn2 yg bekerja diRS Swasta tau bagaimana menghadapi pasien dengan tulus&sepenuh hati,dari situ pasien akan bertambah banyak..RSUD selain melayani masyarakat kurang mampu juga harus punya kelebihan,karena menjadi rujukan puskesmas disekitarnya,jgn kalah dgn swasta,RSUD jg bisa punya alat lengkap,

  11. han said

    tapi belum ada website-nya ya…?

    ada yg tau ngga no telp rsud depok…?

  12. sauzan said

    Salam kenal semua,
    Mau nanya, ada yang tahu kalau mahasiswa kunjungan ke RSUD Depok ada biaya kunjungannya ga?
    Terima kasih. ^_^

  13. Sukses ya Kota Depok. Semoga Semakin dapat melayani Warganya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: